Rabu, 15 Maret 2017

Kenapa warna Putih

Kenapa warna putih - Kenapa ya Banyak orang yang suka warna putih, padahal putih cepat kotor? Lalu Kenapa orang tetap Suka warna putih. Di Bali sendiri pakaian adat ke pura juga berwarna putih.

Putih identik dengan kebersihan dan keanggunan itulah alasan kenapa orang suka apapun yang berwarna putih. Orang yang suka kebersihan pasti akan memakai warna putih sebagai cerminanya. Wanita yang memakai pakaian berwarna putih akan terlihat sangat cantik sedangkan lelaki yang memakai pakaian putih akan terlihat tampan.

Di bali pura merupakan simbol tempat suci dimana tuhan ada bersemayam disana. untuk siapapun memasuki pura wajib dalam keadaan bersih, bersih memiliki artian rohani dan jasmani. rohani adalah pikiran, perkataan dan perbuatan sedangkan jasmani adalah badanya. untuk mewakili itu semua, putih merupakan cerminannya. selain itu memang ada aturan itu dalam buku agama hehehhe


Warna Putih merupakan warisan
Tidak berbeda dengan banyak lainya yang ada di bali, sistem dan konsep adat budaya bali yang turun temurun menjadi aset orang bali untuk bersatu padu dan kuat dalam setiap perubahan dan persaingan hingga diakui dunia. seperti banjar, subak, pecalang, gamelan, bleganjur, kidung, konsep  khayangan 3 dan konsep 3 hita karana, yang orang jaman sekarang tidak bisa membikin konsep dan bahkan hingga bisa ditrima ditengah masyarakat secara temurun. alam bali yang indah juga merupakan warisan termasuk warna putih pada pakain ke pura orang bali.

Makna Sosial warna putih pakaian sembahyang ke pura. 
1. Dapat menunjukkan status ekonomi, bahwa orang bali sejahtera. Kita punya uang sebatas untuk memakai dan membeli pakaian putih yang bagus dan bersih.

2. Sesibuk-sibuk apapun kita, Menunjukkan kita bisa mengatur untuk dapat meluangkan waktu guna mencuci pakaian tersebut atau sekedar membawa ke laundry. Waktu tidak bisa kembali.

3. Kemampuan orang bali sebagai orang yang apik, bisa menjaga kebersihan pakaian serta mau bertanggung jawab.

Kesimpulannya :
warna putih selain menarik simbol arti bersih hati pikiran, perkataan dan perbuatan, juga memiliki makna sosial. putih merupakan warisan leluhur,  sama halnya adat budaya bali dan konsepnya, yang mampu bertahan dalam perubahan dan himpitan ekonomi yang mulai sangat sulit. bahkan budaya dan adat juga bisa menjadi sumber penghasilan dibidang pariwisata dengan di dukung alam yang indah. untuk anda yang besok ke pura, silahkan menggunakan pakaian berwarna putih, jangan bikin trend memakai pakaian warna lainya ke pura.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com