Minggu, 12 Maret 2017

Cara memilih ban untuk sepeda motor yang baik, bagus dan berkualitas

gimana ya cara saya memilih ban motor yang bagus untuk motor kesayangan saya. sebelum lebih jauh melangkah, saya terngkan dulu bahwa ban sepeda motor itu bentuknya bulat dan terbuat dari karet, mungkin ada dari anda yang kurang paham hehehhee......


Untuk anda yang memiliki motor tapi tidak memiliki hobi otomotif pasti akan pernah dihadapkan pada posisi memilih ban untuk sepeda motor. Jika di awal Anda membeli sepeda motor baik itu baru ataupun bekas tentunya akan mendapatkan motor secara utuh dan tinggal dipakai, anda tidak perlu pusing masalah urusan ban. bagaimana jika terus menerus motornya anda pakai dan bannya habis? ya tentu anda harus ganti dengan ban baru agar layak digunakan.


Cara memilih ban untuk sepeda motor
memilih ban untuk sepeda motor bukanlah hal yang sulit. hanya saja kadang kita di buat bingung karena banyak sekali pilihannya. cara agar anda tidak bingung sebaiknya Tentukan kebutuhan anda terlebih dahulu setelah itu baru Anda bisa memilih.

Cara menentukan ban motor berdasarkan kebutuhan
sebenarnya banyak sekali jenis ban motor jika dikelompokan dengan kebutuhan, tapi disini saya hanya akan menjelaskan yang umum saja yang ada disekitar kita dan wajib anda ketahui :

Ban Motor sport / racing
Ban motor sport atau racing banyak digunakan untuk balapan motor. Ban ini identik dengan grip yang kuat pada permukaan jalan. kususnya saat tikungan, ban ini baik digunakan saat sudah panas. terkadang butuh keahlian dan alat pemanas kusus agar ban ini berfungsi dengan baik. Jika anda pernah menonton MotoGp, diawal balapan akan ada sesi pemanasan yang tujuan salah satunya memanaskan ban motor agar berfungsi dengan baik saat balapan. tidak jarang pembalap wahid sekelas rossi, marquest dan lorenzo terpleset, karena salah prediksi kemampuan bannya.



Ban Basah dan Kering
kelompok ban ini sangat melekat dengan type ban sport dan racing dengan kebutuhan kusus karena kebutuhannya dicocokan dengan cuaca. Ban basah adalah ban yang baik digunakan pada saat hujan, dengan menggunakan ban tipe basah akan mengurangi resiko tergelincir karena permukaan jalan yang basah dan licin. sedangkan ban kering lebih cocok ketika saat panas. biasanya ban jenis ini dikelompokan lagi menjadi 3 yaitu soft, intermediate dan soft.

Ban Motor Touring
Untuk pecinta touring tentunya tidak asing untuk jenis ban touring. karena ban ini memang di desain kusus bagus untuk perjalanan jauh. ban ini memiliki daya tahan yang kuat dan tahan panas. bagus untuk perjalanan lurus dan tetap stabil pada kecepatan tinggi. hanya saja agak kurang bagus pada tikungan.


Ban Motor Offroad
Para offroader yang suka suasana alam, pedalaman maupun pegunungan dan suka berpetualang hingga ke pelosok dengan motor trail pasti sangat paham betul dengan type ban offroad. iya jenis ban motor offroad biasa banyak digunakan pada motor trail dan bentuknya identik bergerigi. Ban motor offroad cocok digunakan untuk olahraga offroad dan motor kros yang berfungsi baik pada berbagai jenis permukaan jalan bertanah, tidak rata, berkerikil dan berbatu.


Ban Motor Scooter
Ban motor ini merupakan jenis kusus yang hanya bisa dipakai untuk motor scooter dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada  ban motor umumnya. Ban motor ini biasanya hanya dibuat dan diperjual belikan oleh pihak pabrikan motor kusus dengan harga yang lebih tinggi seperti Vespa.


Ban motor Konvensional
Ini merupakan jenis ban yang paling umum dan banyak digunakan untuk banyak jenis motor matik dan manual diperkotaan. Ban ini tidak memiliki kelebihan maupun kekurangan kusus. ban ini juga merupakan ban yang paling banyak diproduksi oleh pabrikan ban di indonesia. Jenis ban ini biasanya terbagi menjadi 2 tipe dengan berbagai kualitas : 
1 tubetype menggunakan ban dalam
2 tubeless tidak menggunakan ban dalam.

Tube Type
Ban ini merupakan ban yang paling banyak digunakan. Ban ini merupakan kelas standard motor diperkotaan yang menggunakan ban dalam dan memiliki daya lebih tahan lama. ban ini kebanyakan mampu bertahan hingga 2 tahun dan bisa digunakan pada motor dengan velg maupun jeruji serta kuat terhadap jalan yang tidak rata dan berlobang. hanya saja ketika memiliki terkena paku ban ini langsung kempes.

Ban Tubeless
Ban ini lebih banyak digunakan oleh banyak usaha jasa sewa motor. Ban ini hanya baik digunakan pada jalanan datar dan mulus. Ban tubeless identik tidak menggunakan ban dalam, strukturnya yang keras kadang dapat merusak velg. ban ini tidak bisa digunakan pada motor berjeruji.  Ban tubeless mampu bertahan terhadap bocor karena struktur bannya mampu menutupi sendiri lobang angin yang keluar tapi tubeless memiliki daya tahan yang rentan cepat rusak dan tipis


setelah mengetahui kebutuhan serta kelebihan dan kekurangan pada beberapa ban, tentunyan anda sekarang dapat mudah memilih ban motor apa yang bagus dan cocok untuk anda. Untuk saya sendiri lebih memilih ban tubless, walaupun cepat habis/ tipis tapi keuntungan yang mampu tahan terhadap bocor menjadi alasannya karena saya sering bepergian jauh yang dimana kita tahu, tidak semua tempat memiliki tempat press ban saya hanya ingin mengurangi masalah yang saya hadapi. setidaknya saya bisa menentukan kapan dimana saya menembel ban walaupun  ban ini sedang terkena paku.


Share:

1 komentar:

BTemplates.com